The Strange Little Cat: Sehari-hari, Repetisi

Pressefoto "Das merkwÃ?rdige KÃ?tzchen" Zum Download bitte auf das Bild klicken!

Meskipun dianggap sebagai sebuah karya percobaan, The Strange Little Cat karya Ramon Zurcher adalah sebuah film yang bersumber asli Jerman. Dalam film ini kita dapat mengenali beberapa akar dari tradisi sinematis Kammerspiel yang lahir di Jerman beberapa dekade sebelumnya, yang cenderung menampilkan aktivitas kehidupan masyarakat kelas menengah-bawah dalam sebuah ruangan.

Di film ini, Zurcher memilih dapur seorang keluarga Jerman sebagai tempat di mana kebanyakan aktivitas di film diperlihatkan kepada penonton. Dia tidak menaruh perhatian kepada alur cerita dengan tema tertentu untuk menggambarkan hubungan dinamis antara keluarga atau keberhasilan dan kegagalan dari anggota keluarga tersebut. Tidak juga Zurcher menunjukkan rutinitas harian kebanyakan keluarga dan individu melalui keseharian hidup mereka. Tidak ada tempat lain di rumah di mana orang-orang melewati rutinitas harian mereka sebagai sebuah grup lebih sering dibandingkan di dapur, dari sarapan hingga makan malam.

Dapur juga merupakan tempat kebanyakan perabotan dan peralatan rumah tangga ditempatkan dan dipakai secara rutin. Namun dalam hal terlucu, perhatian yang ditujukan tidak pernah lebih dari aspek keluarga, seperti makanan apa yang sedang dikonsumsi dan dihargai, atau rencana harian menarik, tapi nampaknya lebih kepada kejadian yang kurang berarti, yang secara tegas menjadi pusat perhatian dan memberikan sebuah perbandingan, sebuah sinkopati, yang menyajikan aksen.

Kita dapat melihat kaca pecah secara tidak sengaja atau karena kecerobohan, sebuah botol yang dibuat goyah di atas meja oleh seorang dari karakter wanita sebagaimana dia memainkan leher botol dengan jari-jarinya; kita mendengar kalimat berbeda diucapkan berulang kata demi kata oleh karakter pada waktu yang berbeda, yang secara tegas menunjukkan pengulangan sifat dari kehidupan harian modern dan mungkin keputusaannya yang tak dapat ditebus, sebagaimana peran berulang lainnya di film adalah anak-anak di kebun di luar rumahnya terlihat tikus yang sudah mati, namum tikus itu tidak dibunuh kucing aneh itu di rumah tangga; dan jeritan seorang anak perempuan kecil dari keluarga tersebut setiap kali dia terdengar suara alat-alatnya rumah, yang bukan jeritan emosional, namun jeritan yang ‘hanya begitu saja’ seperti kondisi yang tak dapat disembuhkan. Apakah ada rujukan kepada satu dari lukisan seni modern yang paling terkenal, The Scream, oleh Edvard Munch? Mungkin.

Dalam hal lainnya, sebagaimana pelukis Norwegia itu melakukannya lebih dari seabad yang lalu melalui peran kehidupan sehari-hari yang berputar diulang-ulang dihilangkan dalam kunci poststrukturalis dan pendekatan post-modern yang menganjurkan pandangan realitas yang terpecah-pecah, Zurcher membangun sebuah metafora pemancing pikiran untuk kehidupan itu sendiri.

The Strange Little Cat (Das merkwürdige Kätzchen) | 2013 | Durasi: 72 menit | Sutradara: Ramon Zurcher | Negara: Jerman | Pemain: Leon Alan Beiersdorf, Matthias Dittmer, Lea Draeger

Tulisan ini merupakan Juara 3 dari Kompetisi Penulisan Resensi Film yang diselenggarakan Goethe-Institut dan Cinema Poetica, bagian dari German Cinema 2014, 23-31 Agustus. Dewan juri terdiri dari Lanny Tanulihardja (Goethe) dan Makbul Mubarak (Cinema Poetica).

Pendapat Anda tentang tulisan ini
  • Mantap! (0)
  • Boleh juga (0)
  • Biasa saja (0)
  • Lupakan (0)
Share

Send this to a friend