It’s Complicated: Too Much Love Will Kill You, Anytime

(L to R) Gabby (ZOE KAZAN), Jane (MERYL STREEP), Adam (STEVE MARTIN), Lauren (CAITLIN FITZGERALD) and Luke (HUNTER PARRISH) in the new film from writer/director/producer Nancy Meyers, ?It?s Complicated?, a comedy about love, divorce and everything in between.

Sekarang ini, kalimat “It’s Complicated” paling banyak kita temukan di status hubungan dalam jejaring perkawanan Facebook. Tidak seperti status hubungan lain yang begitu saya mengerti, seperti single berarti sendiri, lajang. In a relationship berarti sedang berpacaran, engaged berarti bertunangan, married berarti menikah, dan widowed berarti janda.

“It’s Complicated” bisa menghuni status yang mana saja, bisa terjadi difase single, in a relationship, engaged, married, bahkan juga widowed. It’s Complicated yang diusung Nancy Meyers, entah itu ada hubungannya dengan Facebook,  mencoba menguraikannya kedalam layar lebar. Sepanjang film, saya serasa sedang diberi penjelasan runtut: Seperti ini lho yang namanya It’s Complicated itu, mengerti?

Jane Adler adalah janda tiga anak yang sukses dengan bisnis kateringnya, hidupnya begitu berkecukupan dan bahagia mengingat ketiga anaknya sudah besar, putri tertuanya, Lauren bahkan sudah bertunangan dengan seorang pria muda yang tak kalah baiknya. Jane punya rencana untuk memperluas rumahnya, ia menyewa jasa duo arsitek, Peter yang juga teman lamanya, serta Adam yang baru dikenalnya. Adam suka sama Jane, dan begitu pula sebaliknya. Disaat yang bersamaan, Jake, mantan suami Jane, datang kerumahnya dan mengajaknya kembali berkencan. Siapakah yang akan dipilih Jane? Adam sang arsitek brilian yang juga pernah menjadi korban perceraian seperti dirinya? Ataukah Jake yang kali ini terlihat sungguh-sungguh ingin meminta maaf atas semua kelalaiannya?.

Butuh aktor super untuk memerankan karakter dalam It’s Complicated, Meryl Streep, Alec Baldwin, dan Steve Martin adalah jawabannya. Mereka memeragakan peran yang sangat baik dalam komedi romantis bertempo cepat yang oleh banyak orang dinilai sebagai karya terbaik Nancy Meyers (Something’s Gotta Give, The Holiday) sepanjang karirnya.

Roman yang disuguhkan adalah problema orang dewasa dengan simetri yang sangat berbeda dengan romansa orang muda. Pada asmara kawula muda, biasanya yang menjadi hambatan adalah orang tua dan solusi biasa yang diambil adalah menentang mereka dan pergi jauh, belum lagi bila sang anak sudah mapan, mereka bisa tinggal ditempat mereka sendiri. Tapi hubungan orang dewasa tak bisa mengesampingkan anak-anak mereka, yang setiap saat butuh mereka dan menjadikan kedua orang tua mereka sebagai contoh. Ketiga anak Jane jelas tidak setuju Jake kembali kerumah karena mereka sudah cukup tersakiti dengan perselingkuhan Jake puluhan tahun silam. Mereka juga tak kenal siapa Adam. Siapa Adam?

It’s Complicated masih dibuat dalam area kerja Meyers, topik percintaan kelas atas dengan scoring yang sangat baik. Setiap scene hampir tidak pernah dibuat menyakitkan, selalu saja menyenangkan. Paling banter geli. Ini yang menjadi pasal dalam It’s Complicated, terlalu banyak cinta yang ditaburkan dalam plot sehingga cerita menjadi terlalu manis, tidak hanya karakter yang babak belur dihajar cinta tapi juga kita yang menonton, saya tak menghitung berapa kali saya bergidik sendiri karena banyak sekali yang-manis-manis.

The Holiday masih lebih baik dalam hal distribusi kemanisan (pardon for my bad language) sebab hal tersebut bisa diimbangi dengan klimaks yang sesuai. Berbeda dengan drama dekreskendo yang diperagakan dalam It’s Complicated, bukan lagi deus ex-machina, atau perjuangan-yang-berhasil yang jadi factor pengunci cerita. Tapi bagaimana orang-orang tua ini, menyadari sendiri, seberapa complicated sebenarnya masalah mereka.

It’s Complicated is so Complicated.

It’s Complicated | 2009 | Sutradara: Nancy Meyers | Negara: Amerika Serikat | Pemain: Meryl Streep, Alec Baldwin, Steve Martin, Caitlin FItzgerald, Robert Curtis Brown.

Pendapat Anda tentang tulisan ini
  • Mantap! (0)
  • Boleh juga (0)
  • Biasa saja (0)
  • Lupakan (0)
Share

Send this to a friend