Kirim Tulisan

BAGAIMANA CARA MENGIRIM TULISAN KE CINEMA POETICA?

Ada dua cara. Pertama, melalui formulir yang terlampir pada laman ini.

Kedua, lewat kotak surat maya kami, yakni admin@cinemapoetica.com. Apabila Anda mengirim via email, tolong kirim naskah tulisan Anda dalam format doc, docx, atau rtf. Apabila dirasa perlu, Anda juga bisa mengirimkan foto atau gambar pendukung tulisan (dengan lebar minimal 1600 pixel). Apabila tak ada lampiran foto atau gambar pendukung, redaksi siap mencarikan sesuai dengan isi tulisan. Tolong sertakan juga foto terbaik Anda (berukuran 500×500 pixel), profil singkat Anda (maksimal 200 kata), serta kontak media sosial Anda (kalau ada). Foto dan profil ini untuk melengkapi profil penulis pada akhir setiap tulisan.

SIAPA SAJA YANG BOLEH MENULIS UNTUK CINEMA POETICA?

Cinema Poetica terbuka bagi siapapun yang punya ide dan niat menulis, juga siapapun yang punya karya tulis tentang film yang ingin dibagikan ke khalayak ramai. Sejauh ini, kami pernah menerbitkan tulisan dari penonton awam, mahasiswa, pegiat film, pekerja film, aktivis, akademisi, musisi, pekerja desain grafis, hingga sastrawan. Sederhananya, semua orang boleh mengirim tulisan dan punya kesempatan untuk terbit di cinemapoetica.com.

Cinema Poetica menerbitkan naskah kritik dan kajian film yang berdasar dan berargumen, dengan tata bahasa yang apik dan komunikatif. Setiap tulisan yang masuk akan didiskusikan dan disunting oleh redaksi Cinema Poetica. Hasil suntingan lalu kami kirim kembali ke penulis, beserta saran revisi kalau diperlukan. Apabila penulis setuju dengan suntingan dan saran revisi yang diajukan, redaksi Cinema Poetica segera menerbitkan tulisan tersebut pada rubrik yang sesuai.

TULISAN MACAM APA YANG DITERIMA CINEMA POETICA?

Masing-masing rubrik punya kebutuhan tulisannya sendiri. Ciri khas setiap rubrik di Cinema Poetica dapat dilihat pada laman ini.

APA TIMBAL BALIK YANG CINEMA POETICA BERIKAN PADA PENULIS KONTRIBUTOR?

Kami paham waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah tulisan yang ciamik. Tapi, sejauh ini, Cinema Poetica belum bisa membayar tulisan para kontributor, baru mampu menanggung dana operasional sehari-hari. Nyatanya, setiap tulisan yang diterbitkan di Cinema Poetica belum ada satu pun yang terbayarkan secara finansial, termasuk tulisan para anggota redaksi. Timbal balik paling konkrit yang bisa kami berikan saat ini adalah promosi seluas-luasnya tulisan serta nama para kontributor pada khalayak umum, juga pada jaringan kerja Cinema Poetica.

HARIAN berfokus pada perkembangan teranyar sinema Indonesia dan dunia, meliputi karya, pelaku, peristiwa, dan teknologi perfilman. Rubrik ini, lewat pelaporan mendetail atau pembahasan mendalam, bertujuan merekam peristiwa dan fenomena perfilman yang seringkali berlangsung singkat atau tiba-tiba.

Terbitan dalam rubrik HARIAN terbagi dalam enam kategori:

  • Resensi. Bahasan atau kajian sebuah karya film—meliputi film panjang, pendek, fiksi, dokumenter, dan eksperimental. Analisa yang diharapkan tidak saja mencakup konten film, tapi juga konsep dan konteks karyanya.
  • Retrospeksi. Kilas balik akan satu atau sejumlah karya film yang sudah lampau, produksi Indonesia maupun negara lainnya, dari perspektif sekarang—baik sebagai bagian dari filmografi pembuat film, maupun sebagai penanda zaman atau suatu periode sejarah.
  • Sketsa. Opini atau renungan pribadi tentang perkembangan sinema Indonesia dan dunia, meliputi karya, pelaku, peristiwa, dan teknologi perfilman.
  • Esai. Kajian ilmiah tentang perkembangan sinema Indonesia dan dunia, meliputi karya, pelaku, peristiwa, isu, fenomena, dan teknologi perfilman.
  • Wawancara. Dokumentasi gagasan seorang individu, atau percakapan kelompok, tentang film atau perfilman Indonesia.
  • Terjemahan. Alih bahasa tulisan berbahasa asing tentang film atau perfilman, yang penting untuk dibagikan ke pembaca Indonesia.

Panjang tulisan di rubrik HARIAN berkisar pada 800-1500 kata—bisa lebih apabila memang diperlukan. Khusus untuk Esai, panjang tulisan yang disarankan adalah 2000-3500 kata. Khusus untuk Terjemahan, panjang tulisan mengikuti naskah aslinya.

Rubrik HARIAN terbit setiap Selasa.

TIM KERJA

Adrian Jonathan
Raksa Santana
Shadia Pradsmadji

WACANA menghadirkan rekomendasi materi bacaan dan tontonan ke publik tentang satu topik tertentu. Bacaan yang dimaksud luas kemungkinannya: bisa buku, bisa makalah, bisa artikel dari koran atau majalah, apapun. Rubrik ini bertujuan berbagi referensi ke khalayak ramai.

Terbitan dalam WACANA terbagi dalam dua jenis:

  • Pustaka. Rekomendasi materi bacaan, terkait suatu topik tertentu. Bacaan yang dimaksud luas ragamnya: buku, nukilan buku, majalah, artikel koran, makalah, karya ilmiah, dan sebagainya. Terbitan berupa pengantar bacaan dan sejumlah link untuk materi bacaan yang diajukan. Panjang pengantar berkisar 800-1500 kata. Penulis bertanggungjawab menyediakan berkas digital (dalam format PDF) dari literatur-literatur yang diajukan.
  • Film Si Fulan. Rekomendasi tontonan. Bisa berdasarkan selera pribadi, bisa juga terkait suatu tema atau topik tertentu. Jumlah film yang diajukan bebas. Penulis tidak perlu menyediakan materi film.

Rubrik WACANA terbit setiap akhir bulan.

TIM KERJA

Makbul Mubarak
Gorivana Ageza

KINOLOGY berfokus pada pembahasan sinema sebagai praktek berkelanjutan dalam keseharian masyarakat. Sinema ditinjau tidak hanya sebagai tontonan, tapi juga sebagai bagian dari geliat kultural masyarakat. Dimensinya bermacam-macam. Bisa sebagai institusi, peristiwa, pengisi waktu senggang, alat protes, dan banyak lagi.

Rubrik KINOLOGY menerima karya tulis berupa:

  • Esai
  • Liputan mendalam
  • Wawancara
  • Kajian ilmiah
  • Esai foto
  • Infografis

Setiap terbitan KINOLOGY berwujud rangkaian tulisan yang terpadu dalam satu tema besar, yang dibuka dengan pengantar dari redaksi Cinema Poetica. 

Rubrik KINOLOGY terbit setiap tiga bulan.

TIM KERJA

Windu Jusuf
Pandji Putranda

CINEMA POETICA INTERNATIONAL adalah divisi kerja Cinema Poetica yang mengelola terbitan bahasa Inggris dari cinemapoetica.com. Media pendamping ini ditujukan untuk pembaca internasional, berfokus pada kajian dan laporan mendalam tentang tumbuh-kembang budaya sinema di Indonesia, juga kaitannya dengan perkembangan sinema dunia. Terbitan Cinema Poetica International merupakan hasil penerjemahan naskah-naskah pilihan dari terbitan bahasa Indonesia di cinemapoetica.com, juga hasil kontribusi dan akuisisi beragam naskah tentang sinema Indonesia, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris dan bahasa-bahasa lainnya—selama bisa diterjemahkan.

CINEMA POETICA INTERNATIONAL menerbitkan naskah yang membahas, tapi tidak terbatas pada, topik-topik berikut:

  • Peristiwa, isu, atau fenomena perfilman di Indonesia—minimal berskala nasional
  • Peristiwa, isu, atau fenomena perfilman berskala lokal, yang unik dalam peta budaya sinema dunia
  • Perspektif atau sikap publik Indonesia terhadap karya film atau isu perfilman global
  • Terobosan dalam praktik dan produk pelaku perfilman di Indonesia, baik dalam segi estetika maupun teknologi
  • Dampak terobosan dan perkembangan sinema dunia terhadap budaya film di Indonesia.
  • Film atau tokoh perfilman Indonesia, klasik maupun kontemporer, yang punya kiprah atau reputasi internasional
  • Film atau tokoh perfilman Indonesia, klasik maupun kontemporer, yang layak mendapat perhatian internasional

Terbitan dalam CINEMA POETICA INTERNATIONAL terbagi dalam empat kategori:

  • Focus. Kajian mendalam tentang perkembangan budaya sinema—meliputi karya, pelaku individu atau kelompok, peristiwa, isu, fenomena, dan teknologi—di Indonesia.
  • Wide Angle. Liputan mendetail tentang perkembangan budaya sinema—meliputi karya, pelaku individu atau kelompok, peristiwa, isu, fenomena, dan teknologi—di Indonesia.
  • Perspectives. Opini atau renungan pribadi tentang perkembangan budaya sinema—meliputi karya, pelaku individu atau kelompok, peristiwa, isu, fenomena, dan teknologi—di Indonesia.
  • Review. Bahasan atau kajian sebuah karya film Indonesia—meliputi film panjang, pendek, fiksi, dokumenter, dan eksperimental. Analisa yang diharapkan tidak saja mencakup konten film, tapi juga konsep dan konteks karyanya.

CINEMA POETICA INTERNATIONAL terbit setiap tiga bulan.

TIM KERJA

Corry Elyda
Adrian Jonathan

Formulir

 

Verifikasi

X