Terjemahan

Martin Scorsese: Membaca Bahasa Sinema

Fondasi sinema adalah cahaya. Kelahirannya ditandai oleh selarik cahaya. Oleh karena itu, sinema paling nikmat dialami dalam ruang gelap, di mana proyeksi film menjadi satu-satunya sumber penerangan. Cahaya memungkinkan kita melihat ragam rupa bentuk: menikmatinya, menamainya, dan menafsirkannya. Artinya, cahaya jugalah fondasi keberadaan manusia; kita jadi ‘tercerahkan’ karenanya.

Jonathan Rosenbaum: Membela Spoiler

Jonathan Rosenbaum keberatan dengan anggapan bahwa "spoiler" dalam resensi berpotensi merusak kenikmatan menonton. Debatnya: "Mereka yang meributkan spoiler adalah mereka yang secara naif ingin mempertahankan kepolosan mereka...Faktanya, kita masih perlu mengetahui beberapa hal, bahkan untuk terkejut sekalipun."

David Bordwell: French New Wave, 1959-1964

French New Wave tidak hanya menghasilkan film-film yang orisinil, namun juga mendemonstrasikan bahwa pembaruan dalam industri film bisa datang dari para pemuda. Para pemuda ini memulai kariernya sebagai kritikus film, memuja sutradara-sutradara auteur Hollywood, dan kemudian menjadi auteur di negerinya sendiri.
X